Saturday, June 16, 2018

‘Aku’ Akunya Aku, Bukan ‘Aku’ Akunya Chairil Anwar







‘Aku’ Akunya Aku, Bukan ‘Aku’ Akunya Chairil Anwar
Karya: Marthen Edison


Aku terpukau
Indah larik puisi Chairil Anwar berjudul ‘Aku’
Mendengarnya menyentak nurani-nurani bisu
Membakar sudut-sudut tirani satu demi satu

Gigih perjuanganku
Hidup tetap keras setelah penjajah berlalu
Terlarang ada kata ‘manja’ dalam kamusku
Apa lagi hanya bergantung berharap, ... menunggu

Padaku tergenggam palu
Mengetuk serta mencari keadilan di balik pintu
Masa depan sejahtera harus indah terdengar berlagu
Suara-suara sumbang biarkan saja diam terpaku

Aku, akunya aku
Bukanlah sosok imajinasi sang penyair 'Aku'
Kami berbeda ruang dan waktu
Namun, ... jiwaku pun merdeka tak dibelenggu oleh bujuk rayu


            Kupang, 31 Maret 2017 

Diterbitkan pertama kali oleh Penerbit WA Publisher lewat buku Kumpulan Puisi 'Debu', 2017. ISBN: 978-602-6622-47-1

No comments:

Post a Comment